16 Agustus 2009

Saingi Twitter, Facebook jajaki kemampuan "Lite"


SAN FRANSISCO - Facebook semakin tidak mau ketinggalan dari Twitter. Persaingan Facebook dan Twitter kini diperketat dengan diluncurkannya Facebook Lite. Versi sederhana dari situs Facebook ini menyediakan stream update pengguna dan nampak mirip dengan fitur yang ada pada Twitter.

Untuk menjajal kemampuan Facebook Lite ini, Facebook mengundang beberapa kelompok pengguna terpilih untuk menguji Facebook Lite yang masih dalam versi beta atau versi percobaan.

Beberapa pengamat di industri situs jejaring sosial percaya dengan diluncurkannya Lite, Facebook berupaya bersaing lebih dekat dan ketat dengan Twitter dalam hal kemampuan pencarian dan real time news. Demikian keterangan yang diktuip dari Telegraph, Kamis (13/8/2009).

Di sisi lain, jika melihat tampilannya, Facebook Lite memang sedikit mirip dengan layanan Twitter. Dimana terdapat linear stream status update teman Facebook yang mendominasi halaman.

Namun melalui juru bicaranya, Facebook mengatakan bahwa pengembangan ini sebenarnya fokus pada perubahan bentuk dan fitur situs yang lebih sederhana. Dengan begitu, Facebook versi sederhana mudah diakses di negara-negara dengan kapasitas bandwidth terbatas. Hal ini juga berlaku jika Facebook diakses melalui ponsel dengan kapasitas unduh yang lebih lambat dibandingkan dengan broadband.

Facebook Lite juga menggunakan foto berukuran lebiih kecil serta video dengan resolusi lebih rendah sehingga bisa menambah kecepatan unduh halaman Facebook yang tengah diakses.

Layanan Facebook Lite ini baru diujicoba di India dan segera akan diperluas ke para pengguna Facebook di Rusia dan China melalui alamat situs http://lite.facebook.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar